Drainase Banyak Sampah, Faktor Terjadinya Genangan Air

Diposting : 02 Feb 2017 | 01:18:46 WITA Kategori : Berita Lainnya

Genangan air yang menghiasi jalan yang ada di Kota Gorontalo, bukan lagi persoalan baru di Kota Gorontalo. Hal tersebut pun menarik perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Gorontalo, yang saat ini mulai melakukan pemetaan kawasan yang sering terjadi genangan air. Agar kawasan jalan yang sering terjadi genanang air itu, tidak lagi mengganggu aktivitas pengendar yang lalu lalang di Kota Gorontalo.

“Permukaan jalan itu sendiri dan drainase yang dipenuhi sampah, adalah faktor utama terjadinya genangan air di banda jalan. Dan upaya yang kami lakukan, yakni melakukan pemetaan yang nantinya akan ditindak lanjuti dengan pembentukan Satgas yang menangani persoalan tersebut,” ujar Kadis PUPR Kota Gorontalo Muchtar Arsjad, saat ditemui Selasa (31/01) kemarin.

Tidak hanya itu tambah Mantan Kepala BPM-PTSP itu, dari hasil peninjauan yang dilakukan ia bersama jajarannya, menemukan saluran-saluran serta pinggiran trotoar tidak memiliki lubang pembuangan air. Padahal lubang sangat bermanfaat ketika jalan terjadi genang air. “Upaya Kami akan lakukan, menambah dan melubangi pinggiran trotoar yang ada di Kota Gorontalo,” terang Muchtar.

Selain itu, untuk mengatasi genangan yang sering terjadi di jalan yang ada di Kota Gorontalo, pihaknya telah membentuk tim Gerakan Antisipasi Genarang Air Hujan (GAGAH), yang telah ditempatkan di beberapa kawasan rawan genangan air. “Seperti di zonasi pasar sentral yang saya lihat semalam, banyak bentuk penyebab tejadinya genangan air. Karena fungsi-fungsi salurannya seperti gorong-gorong, tidak berfungsi. Bahkan saya sempat membukanya, sudah satu truk sampah yang ditemukan dari saluran yang ada di pasar sentral,” jelas Muchtar.(Sumber | radar)
FOTO KUPING KIRI (1)

FOTO KUPING KIRI (2)