Budi Doku Berdonor

Diposting : 13 Mar 2017 | 01:27:43 WITA Kategori : Berita Lainnya

Sebagai Pemerintah Kota Gorontalo, Rabu (08/03) kemarin Wakil Walikota Gorontalo dr. Budi Doku, tidak hanya menghadiri kegiatan donor darah yang digelar Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Gorontalo. Namun di momen yang baik itu, Budi Doku juga sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Gorontalo, turut mendonorkan darahnya. “Ini adalah program Indonesia berdonor, yang dilaksanakan negara bersama RRI di Bulan Maret dan September. Sebagai Pemerintah Kota dan Ketua PMI Kota, saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan RRI. Apalagi RRI banyak memberikan kontribusi terhadap Pemerintah Daerah dan masyarakat, yakni menyajikan informasi-informasi positif,” ujar Budi Doku.

Dalam kegiatan itu tambah Budi Doku, PMI Kota Gorontalo berhasil mengumpulkan sebanyak 150 kantong darah. Dan ia pun mengucapkan terma kasih pada pendonor, yang telah menyumbangkan sedikit darahnya untuk masyarakat yang membutuhkan. Dan bertambahnya stok darah yang diberikan masyarakat, membantu PMI Kota Gorontalo untuk memenuhi stok darah yang diketahui masih kurang sekitar 1.500 kantong. Meningkatnya kebutuhan stok darah di PMI, selain untuk memenuhi kebutuhan pasien yang di rawat di setiap Rumah Sakit (RS) se Kota Gorontalo. Juga karena PMI Kota sudah ditunujuk pusat regional, yang wajib untuk meningkatkan stok darah di setiap bulannya.

Sedangkan manfaat dari donor darah ini, juga baik untuk pendonor. Karena melalui donor darah, pendonor akan mengetahui apakah dirinya menderita penyakit atau tidak. Misalnya terdeteksi mengidap penyakit yang menular, nah secara langsung petugas akan memusnahkan atau membuang darah yang diambil dari pendonor yang terjangkit penyakit. “Namun dokter yang bertugas di PMI akan memberikan resep pada pendonor tersebut, untuk berobat,” terang Budi Doku.(SUMBER RADAR)