Si Jago Merah Hanguskan Satu Rumah dan Pabrik Tahu di Telaga

Diposting : 28 Jul 2017 | 00:45:02 WITA Kategori : Berita Lainnya

Warga desa Hulawa, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo atau yang berada di kompleks stadion 23 Januari Telaga, mendadak gempar.

Gara-gara kobaran api tiba-tiba muncul dari pondok milik Alm. Yakob Tanuu dan merembet hingga ke pabrik tahu milik Bani (50), dan rumah semi permanen milik Jahidin Rauf (57).

Akibat kebakaran yang terjadi Selasa (25/7) pukul 23.30 wita, tadi malam itu, ketiga tempat itu ludes.

Informasi diperoleh Gorontalo Post, Jahidin Rauf, saat itu sedang tertidur, ia kemudian tebangun karena terdengar bunyi kayu yang sedang terbakar.

Jahidin yang hanya tinggal sendirian itu, kemudian mencari sumber bunyi, ternyata berada di belakang rumahnya. Setelah dilihat, sebuah pondok milik Alm Yakub Tanuu sudah terbakar. Api cepat membesar dan merembet hingga ke rumahnya dan ke gudang pabrik tahu yang hanya berdekatan.

Warga yang mengetahui adanya kebakaran, langsung melakukan pertolongan. Namun usaha mereka tidak cukup untuk membuat sijago merah mereda, karena pondok dan rumah Jahidin yang hanya memiliki 1 kamar tidur itu mudah terbakar, alhasil sijago merah juga cepat menjalar ke gudang penyimpanan pabrik tahu beserta kandang sapi milik Bani(50).

Kepada Gorontalo Post, Jahidin mengaku kejadian yang menghanguskan rumahnya berlangsung sangat cepat, sehingga ia hanya bisa menyelamatkan beberapa potong pakaian saja. “Uang Rp 7,6 juta yang saya simpan, tidak sempat saya ambil, mungkin so hangus,”kata Jahidin yang hanya bekerja sebagai buru serabutan itu.

Dua unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk melakukan pemadaman api, tak berapa lama api berhasil dijinakkan sehingga tak merembet lebih luas.

KA SPK Polsek Telaga AIPTU Toni Ali mengungkapkan, dari kejadian tersebut, korban mengalami kerugian materil hingga jutaan rupiah.

“Begitu pula dengan pemilik pabrik tahu mengalami kerugian Rp 5 juta,”jelas AIPTU Toni saat ditemui di lokasi kejadian, semalam. Ia belum bisa memastikan sumber api, hanya saja dugaan sementara berasal dari arus pendek listrik.