Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

112 Peserta Ikut Pelatihan Berbasis Kompetensi

112 Peserta Ikut Pelatihan Berbasis Kompetensi
112 Peserta Ikut Pelatihan Berbasis Kompetensi
  • Selasa, 12 Maret 2019 pukul 15:21
  • Susanti Dahlan, S.Ip

KOTA GORONTALO – Sebanyak 112 peserta mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang digelar Loka Latiahan Kerja (LLK) Kota Gorontalo. Selama mengikuti pelatihan, para peserta diberikan tambahan keterampilan yang bisa digunakan di dunia kerja maupun untuk membuka lapangan pekerjaan secara mandiri.

Kepala LLK Kota Gorontalo Wati Abas mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi yang digelar kali ini meliputi lima keterampilan kejuruan. Yaitu, menjahit, tata rias operator kompute serta las listrik dan instalasi listrik.

“Pelatihan kejuruan menjahit diikuti 16 orang, tata rias 16 orang, operator komputer 32 orang, serta kejuruan las listrik dan Instalasi listrik masing-masing 16 orang,” ujar Wati saat pembukaan Pelatihan berbasis kompetensi di LLK Kota Gorontalo, Selasa (12/3/2019).

Pelatihan keterampilan berbasisi kompetensi akan berlansung selama 35 hari. Para peserta selama mengikuti pelatihan akan dilatih oleh instruktur yang berasal dari BLKI Makassar serta narasumber dari dunia usaha dan industri yang ada di Kota Gorontalo.

Wati menjelaskan, pelatihan berbasis kompetensi sangat diperlukan untuk meningkatkan keterampilan terutama para pencari kerja. Selain bisa digunakan di dunia kerja, keterampilan yang diperoleh juga bisa dimanfaatkan untuk membuka lapangan pekerjaan secara mandiri.

“Jadi pelatihan ini untuk memberikan tambahan pengetahuan keterampilan bagi masyarakat pencari kerja,” ujarnya.

Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Kota Gorontalo Abd. Gafar Dude mengatakan, keterampilan dan kompetensi harus dimiliki setiap pencari kerja. Sebab, tanpa ketarampilan dan kompetensi para pencari kerja akan sulit merambah dunia kerja.

Dalam membangun usaha mandiri, Abd. Gafar mengatakan, keterampilan yang dimiliki harus pula diikuti dengan penerapan prinsip-prinsip membangun usaha. Prinsip-prinsip membangun usaha itu antara lain hemat, penuh perhitungan, tekun meningkatkan produktifitas. Selain itu juga harus memperhatikan kemasan serta senantiasa melakukan promosi produk yang dihasilkan.

“Untuk membangun sebuah usaha tidak harus dengan modal yang besar. Modal kecil bila dikelola dengan baik bisa memberikan hasil besar,” ujarnya.

Ia pun berharap, generasi muda terutama para pencari kerja agar benar-benar menanamkann minset dan niat untuk mengembangkan diri. Terutama melatih keterampilan untuk dan menerapkan prinsip membangun usaha. (shn)

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

30 Hari ini

1466 Kemarin

4804 Minggu ini

16706 Bulan ini

346267 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan