Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

8 Program Unggulan, Turunkan Angka Kemiskinan Kota Gorontalo

8 Program Unggulan, Turunkan Angka Kemiskinan Kota Gorontalo
8 Program Unggulan, Turunkan Angka Kemiskinan Kota Gorontalo
  • Rabu, 4 Desember 2019 pukul 14:00
  • Rizky Aristian Bau

Angka kemiskinan di kota gorontalo mengalami penurunan mencapai 5,45 persen di tahun 2019 , angka tersebut turun dari tahun sebelumnya sebesar 5,57 persen atau merosot 0,12 persen. pencapaian ini melebihi target yang ditetapkan pemerintah kota gorontalo untuk menekan angka kemiskinan selang 5 tahun 2014 – 2019.

apa yang telah dilakukan pemerintah kota gorontalo melalui berbagai program strategis, telah memberikan dampak positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. salah satunya di ukur dari menurunnya angka kemiskinan. ” menurunkan angka kemiskinan merupakan target kita , Alhamdulillah hasilnya melampaui target. saya mendapat informasi dari BPS Kota Gorontalo bahwa angka kemiskinan tahun ini turun menjadi 5.45 persen,” ujar Plt. Kepala Bappeda Laida M Ali ketika dihubungi melalui telpon celuler. rabu 4/12.

hasil ini menurut laida, merupakan bukti arah kebijakan pembangunan kota gorontalo tahun 2014-2019 menyentuh kepentingan masyarakat. hasilnya angka kemiskinan tiap tahun mengalami penurunan.

Laida mengemukakan program yang digulirkan pemerintah kota gorontalo, telah memberikan pengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. dengan demikian angka kemiskinanpun berkurang.

intervensi yang telah dilakukan pemerintah kota gorontalo dalam menekan penanggulangan kemiskinan antara lain melalui program pembangunan rumah layak huni, pemberian jaminan kesehatan masyarakat yang menyeluruh, bantuan bagi siswa miskin, bantuan pangan non tunai ( BPNT), program keluarga harapan (PKH), peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat UMKM. sasaran penerima program tersebut berdasarkan basis data terpadu .

Walikota Gorontalo Marten Taha menyambut baik terkait informasi tersebut, dia mengatakan meskipun ditengah ketidak stabilan ekonomi akibat pengaruh global regional dan nasional namun ekonomi lokal gorontalo tetap naik. artinya 8 program unggulan gratis lahir sampai mati yang kita rintis kena sasaran. “program ekonomi kerakyatan yang kita cetus, memberi efek positif terhadap kemakmuran warga Kota Gorontalo” jelas marten.

kata marten pula perencanaan dan penganggaran telah berjalan selaras, mendorong masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR lebih meningkatkan penghasilannya. demikian pula infrastruktur ekonomi sudah berjalan efektif untuk menurunkan angka kemiskinan.

 

 

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

221 Hari ini

753 Kemarin

4631 Minggu ini

18811 Bulan ini

618107 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan