Senin, 25 Juni 2018

Sumber daya aparatur sipil Negara (ASN) sangat berpengaruh pada kemajuan pembangunan daerah. Pergeseran paradigm penyelenggaraan pemerintah dari rule govermancent menjadi good govermance perlu diimbangi dengan pemenuhan kinerja aparatur yang sesuai dengan tuntutan tugasnya. Selain sumber daya mutu ASN, factor penunjang lainnya yaitu pemanfaatan teknologi informasi yang mampu menopang aktifitas layanan publik. Nah, menindaklanjuti hal itu, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kompetensi dan penerapan sistem aplikasi elektronik carier development (E-CD) bagi ASN pengelola administrasi/ teknis kepegawaian di lingkungan Kota Gorontalo. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo Ismail Madjid yang membuka kegiatan tersebut mengatakan adanya pembinaan dan peningkatan kompetensi aparatur pemerintah di semua jenjang pada prinsipnya adalah sebagai upaya pemerintah guna membentuk sosok ASN yang professional. Di dalam kerangka pembinaan secfara sistematis, berkelanjutan guna mencapai visi misi organisasi. “Para pejabat pengelola kepegawaian disetiap organisasi perangkat daerah di dalam penerapan aturan kepegawaiannya. Masih sering menemui berbagai kendala dan permasalahan. Termasuk permasalahn terhadap perubahan aturan-aturan kepegawaian yang belum dipahami dan belum tersosialisasikan ke segenap pengelola kepegawaian yang ada, “ucapnya. Sebagai ASN pengelola administrasi kepegawaian, hendaknya mempunyai peran didalam menjamin terselenggaranya manajemen kepegawaian yang ada. Baik dari segi karier, penghargaan dan hak-hak ASN di unit kerjanya. Termasuk dalam merencanakan kebutuhan pegawai, pengelola data pegawai, penilaian angka kredit, peningkatan kompetensi kediklatan, dan lain sebagiannya serta ditunjang oleh kemampuan mengoperasikan aplikasi elektronik kepegawaian. “Maka kita buatkan Bimtek ini dalam rangka pengisian database kepegawaian oleh peserta bimtek melalui pengimputan data pegawai di masing-masing OPD di lingkungan pemerintah Kota Gorontalo. Kita mengisi data tersebut ke dalam web sistem aplikasi elektronik yang dikenal dengan nama Elektronik Carier Development (E-CD). Yang pada prinsipnya aplikasi ini merupakan inovasi menyedia data guna menggambarkan alur pengembangan karier aparatur di lingkungan Pemkot. Dalan hal penataan data pegawai guna pengambilan kebijakan terkait manajemen kepegawaian di Kota Gorontalo, “tandasnya.

 

 

Sumber: Gorontalo post