Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Disnakerkop dan UKM Gelar Sosialisasi Prinsi-prinsip Perkoperasian

Disnakerkop dan UKM Gelar Sosialisasi Prinsi-prinsip Perkoperasian
Disnakerkop dan UKM Gelar Sosialisasi Prinsi-prinsip Perkoperasian
  • Senin, 25 Maret 2019 pukul 11:53
  • Rizky Aristian Bau

KOTA GORONTALO – Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kota Gorontalo menggelar Sosialisasi prinsip-prinsip pemahaman perkoperasian, bertempat di Grand Q Hotel Gorontalo, Senin (25/3/2019). Sosialisasi diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari 50 kelurahan se-Kota Gorontalo.

Kepala Disnakerkop dan UKM Kota Gorontalo Ben Idrus mengatakan, pelaksanaan sosialisasi untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta tentang prinsip-prinsip berkoperasi. Melalui sosialisasi tersebut para peserta diharapkan dapat menerapkan kehidupan koperasi yang baik.

“Sosialisasi ini diikuti 50 peserta yang berasal dari 50 kelurahan se-Kota Gorotanalo. Mereka ada yang baru memulai, ada juga yang sudah membentuk kepengurusan koperasi,” ujar Ben usai pelaksanaan sosialisasi prinsip-prinsip pemahaman perkoperasian, Senin (25/3/2019).

Bagi peserta yang akan membentuk koperasi, ujar Ben, diberikan materi tentang bagaimana membentuk koperasi. Selain itu disosialisasikan pula tentang pengurusan badan hukum dan Nomor Induk Koperasi (NIK).

“Untuk peserta yang sudah membentuk koperasi materinya adalah bagaimana berkoperasi yang baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ben mengatakan, animo masyarakat membentuk koperasi sejauh ini terus meningkat. Sebagaian dari mereka bahkan sudah ada yang meminta pendampingan dari Dinsnakerkop dan UKM. “Rata-rata mereka dari UMK. Ada juga yang membentuk koperasi wanita,” jelasnya.

Tahun sebelumnya, pihaknya sudah memfasilitasi pembentukan 5 koperasi. Koperasi itu saat ini sudah berbadan hukum dan diusulkan untuk mendapatkan Nomor Induk Koperasi (NIK) dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Setelah kita fasilitasi pembetukannya, pada sosialiasasi ini kita berikan terkait pengetahuan tentang berkoperasi,” kata Ben.

Dari sisi kuantitas, lanjut Ben, koperasi di Kota Gorontalo setiap tahunnnya terus mengalami peningkatan. Untuk meningkatkan kualitas koperasi, pendampingan dilakukan pihaknya dalam berbagai tahapan. Mulai dari pembentukan koperasi, pendampingan dalam hal fasilitasi pengurusan badan hukum, kemudian difasilitasi lagi hingga memiliki NIK dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. “Bagi koperasi yang organisasinya sudah bagus kita berikan pendapingan penguatan manajemen kelembagaan koperasi,” ujarnya.

Semua tahapan pendampingan itu, ujar Ben, sejatinya untuk mendorong peningkatan kualitas koperasi. “Kita ingin setiap koperasi bisa membangun kemandirian sehingga benar-benar membawa kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. itu yang kita harapkan,” tandasnya. (dhn)

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

273 Hari ini

486 Kemarin

3703 Minggu ini

43729 Bulan ini

444871 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan