Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Hari ke Empat di Lemhanas RI, Jusmiati Terima Tiga Materi Khusus

Hari ke Empat di Lemhanas RI, Jusmiati Terima Tiga Materi Khusus
Hari ke Empat di Lemhanas RI, Jusmiati Terima Tiga Materi Khusus
  • Jumat, 15 November 2019 pukul 10:30
  • Rizky Aristian Bau

Jumat (15/11/19) pada hari ke empat dalam proses pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Ketua TP PKK Kota Gorontalo Jusmiati Taha K. Demak, mengikuti tiga materi berbeda.

Diantaranya peran perempuan dalam pembangunan Nasional, peran istri dalam menunjang karir suami dan istri, baik secara psikologi atau ekonomi. Kemudian terakhir materi cara cerdas Indonesia sehat, oleh istri kepala daerah.

Ia jelaskan, mengenai materi dari prespektif ekonomi terdapat lima poin penting, yang harus diperhatikan seorang istri kepala daerah. Yakni mengatur manajemen keuangan keluarga, kebutuhan sehari-hari, investasi hingga keperluan tidak terduga. Kemudian dianjurkan untuk berhemat untuk persiapan pensiun, atau ada musibah. Mengoptimalkan pengembangan berbagai usaha. Termasuk mengikuti asuransi kesehatan dan tabungan, serta seminar-seminar tentang Family Financial Planning.

“Dalam lingkungan keluarga, tentunya saya sebagai istri sangat peduli dalam mengatur ekonomi keluarga. Karena hal ini sangat penting bukan hanya pada jangka pendek, tetapi untuk masa depan. Saling terbuka dan mengetahui satu dan lainnya, adalah kunci kesuksesan perekonomian keluarga. Kalau kita selalu mengedepankan kebutuhan dari pada keinginan, maka kesuksesan yang akan kita dapat,” ujar Jusmiati.

Materi yang Ia jalani dalam pendidikan, Ia katakan sangat erat kaitannya dengan aktifitas dirinya sebagai Ketua TP PKK Kota Gorontalo, dan khususnya sebagai istri Walikota Gorontalo. Seperti dalam hal pemberian dukungan Psikologi terhadap suami.

Baik itu tentang keimanan, kecerdasan spritual, ketahanan mental suami dari godaan materialisme, hendonisme, pragmatisme dengan penyalahgunaan wewenang.

“Dukungan psikologi yang saya berikan untuk Bapak sebagai suami, selain dari stabilitas atau gaya hidup keluarga. Yang terpenting itu adalah, merawat kesehatan fisik, nutrisi dan psikis suami. Menjaga kehormatan keluarga dan rumah tangga, menjaga perilaku keluarga inti agar senantiasa baik dan tidak sewenang-wenang dan rendah hati, karena jabatan adalah amanah. Demikian pula sebaliknya, sebagai istri, saya sangat patuh atas perintah dan nasihat yang diberikan suami,” ungkap Jusmiati.

Ia jelaskan lagi, perempuan sangat memiliki peran strategis dalam pembangunan daerah. Khusus dirinya sebagai istri Kepala Daerah, selain mendukung berbagai program kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo.

Ada beberapa hal yang Ia lakukan, dalam berperan untuk pembangunan daerah. Yaitu menjadi teladan bagi yang lain, melalui pelaksanaan program kegiatan di TP PKK Kota Gorontalo, yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Gorontalo.

“Termasuk cerdas intelektual, memiliki tingkat kematangan emosi, berdaya tahan, pandai bersosialisasi memiliki kecerdasan. Supaya, program kegiatan yang dilaksanakan baik itu PKK Kota Gorontalo atau Pemerintah Kota Gorontalo, terlaksana dengan baik dan dirasakan oleh masyarakat serta memberikan pemahaman kepada masyarakat,” tutup Jusmiati.(tmHMS).

 

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

89 Hari ini

451 Kemarin

3453 Minggu ini

20385 Bulan ini

489972 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan