Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

In Memorian Abram Badu. Marten : Selamat Jalan Guru, Sahabat dan Pemimpin Pendidikan

In Memorian Abram Badu. Marten : Selamat Jalan Guru, Sahabat dan Pemimpin Pendidikan
In Memorian Abram Badu. Marten : Selamat Jalan Guru, Sahabat dan Pemimpin Pendidikan
  • Kamis, 5 Desember 2019 pukul 15:55
  • Rizky Aristian Bau

SELAMAT jalan guru, sahabat, rekan dan pimpinan pendidikan di Kota Gorontalo. Ucap Walikota Gorontalo Marten A. Taha, ketika ditemui di Jakarta Kamis (05/12/19). Sosok Almarhum Dr. Abram Badu, S.Pd, M.Pd bagi Marten, bukan hanya sebagai rekan kerja dan pimpinan dunia Pendidikan di Kota Gorontalo, yang banyak mencetak prestasi. Tetapi adalah guru yang sangat berdedikasi terhadap siswa dan siswinya, supaya bisa menjadi sukses dalam meraih masa depan.

Banyak kisah dan kenangan Marten dengan Almarhum Abram Badu. Bukan hanya selama almarhum menjabat pemimpin di salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Gorontalo. Tetapi saat Marten menjabat sebagai Ketua Komite SMA Negeri 3 Gorontalo, ada kisah yang sulit dilupakan Marten. Yakni ketika dirinya mendaftarkan putranya di sekolah unggulan tersebut.

Sekitar 10 tahun lalu ketika Marten mengantar anak ke duanya ke SMA Negeri 3 Gorontalo, di beberapa guru Marten temui seorang Kepala Sekolah sedang berdiri dan berbincang sembari menunggu apel pagi dimuali. Ketika itu pula, siswa siswi mulai berdatangan, untuk mempersiapkan diri mengikuti apel pagi di halaman sekolah, termasuk putar Marten.

Saking penasarannya dengan sosok Abram yang kala itu masih menjabat Kepala Sekolah, Marten pun memperhatikan terus Abram yang terus mengtur siswa siswinya. Bahkan rasa penasarannya pun membuat Marten bertanya pada seorang guru yang ia kenal, yakni Syaiful Kadir yang akrab disapa Ipoel.

“Siapa guru itu ?, kemudian Ipoel menjawab kalau guru itu Kepala SMA Negeri 3 Gorontalo, namanya Abram Badu. Disitulah saya mengenalnya sebagai orang pendidik yang penuh dedikasi dan pengabdian serta penuh tanggungjawab,” ungkap Marten.

Momentum HUT SMA Negeri 3 Gorontalo.

Suatu ketika Marten pun bertemu dengan Abram, dan sempat berbincang. Rupanya jauh sebelumnya Abram sudah mengenal Marten, dengan statu sebagai Ketua DPRD Provinsi Gorontalo. Banyak hal yang diperbincangkan, yakni tentang pendidikan serta kondisi sekolah dan siswa-siswi dimana ia bertugas. Ia keluhkan juga fasilitas sekolah yang perlu penambahan, dan ada beberapa bagian sarana prasarana yang perlu diperbaiki.

Selain itu Abram menceritakan tentang putranya Marten, yang bukan lain adalah salah satu siswa di sekolah tersebut. Bahwa Abram sendiri tidak mengetahui kalau seorang siswanya, adalah putra seorang pejabat. Lantas Marten mengatakan, kalau dirinya sudah memperbiasakan anak-anaknya untuk bergaul dalam kehidupan seadanya. “Saya sering katakan sama anak-anak saya, kalau Papa hanya sebentar aja jadi pejabat,” singkat Marten.

Mendengarkan cerita itu, Abram pun menaruh simpati terhadap Marten, demikian pula sebaliknya. Sebab kata Marten, sosok Abram Badu adalah pendidik yang tulus dan ikhlas mengajarkan siswa siswinya, serta mengelola sekolah dengan baik. Kedekatan Marten dengan Abram mulai terbangun dan terjalin baik, hingga suatu saat pada momen penerimaan hasil evaluasi atau ujian siswa, Marten bersama anaknya berbicang dengan Abram di ruang kerjanya.

“Waktu itu kami membahas tentang komite sekolah, dalam pertemuan itu saya ditawari untuk menjadi sebagai Ketua Komite di SMA Negeri 3 Gorontalo, namun saya menolak, karena takut tidak bisa menjalankan amanah ini dengan maksimal, karena posisi saya sebagai pejabat publik. Tetapi Abram sebagai kepala sekolah, bersihkeras meminta saya untuk mengemba jabatan itu. Saya pun menerimanya dengan catatan harus dipilih secara demokratis dari suara seluruh orang tua siswa, akhirnya saya pun terpilih secara aklamasi”

“Dalam perjalanan saya sebagai Ketua Komite sekolah, banyak hal yang menjadi program kegiatan, tak terkecuali tentang sarana dan prasarana sekolah, yang merupakan bagian dari reputasi sekolah. Karena sekolah yang berprestasi ini belum menunjukkan kalau merupaka sekolah berprestasi. Karena keterbatasan anggaran di sekolah, maka saya memperjuangkan sarana prasarana sekolah ini, melalui aspirasi yang saya bawa dalam usulan DPRD Provinsi Gorontalo. Sampai sekarang sarana dan prasarana itu masih berdiri kokoh di sekolah tersebut,” terang Marten.

Komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik terjalin antara Marten dengan Abram, semakin menguatkan mereka. Sampai-sampai Marten pun berniat, jika dirinya sukses terpilih sebagai Kepala Daerah pada kontenstasi Pilwako di tahun 2014 silam, maka akan mengajak Abram menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan di Kota Gorontalo.

Dengan Riho Allah SWT, niat dan doa Marten pun diijabah Allah SWT, dimana dirinya memenangkan Pilkada tahun 2014 silam. Sehingga akhirnya ia pun menunaikan niatnya, dan mengangkat Abram Badu sebagai Kepala Dinas Pendidikan di Kota Gorontalo.

“Itulah awalmula saya tertarik kinerja Abram Badu dan benar adanya bahwa ketika saya resmi menjadi walikota tanggal 2 Juni 2014, maka orang pertama yang saya panggil kerumah (Seperti model presiden..hehehehe.red), adalah Abram Badu dan saya sampaikan pak Abram Bram tlng bantu saya urus pendidikan di Kota ini”

“Dengan penuh haru dia mengatakan bahwa dirinya dengan tulus ikhlas untuk membantu saya. Bahkan dirinya masih teringat kepada kata-kata saya, kalau saya akan mengangkat dirinya sebagai Kepala Dinas Pendidikan di Kota Gorontalo, dan Ia pun mengucapkan terima kasih kepada saya”

“ia mengatakan lagi, kalau dirinya merasa terharu ternyata saya komitment dan konsisten dengan kata-kata saya begitu. Selama lima tahun Almarhum membantu saya memajukan pendidikan di Kota Gorontalo. Banyak Prestasi dan kemajuan di sekotor pendidikan yang diraih Pemerintah Kota Gorontalo, dan itu berkat tangan dingin Almarhum atau yang akrab disapa Mr. Bram. Prestasi ini niscaya menjadi amal ibadah nya menghadap sang khalik, selamat jalan Pak Dr. Abram Badu, jasamu akan selalu kami kenang,” tutup Marten.(tmHMS).

 

 

 

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

548 Hari ini

575 Kemarin

4342 Minggu ini

20616 Bulan ini

560686 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan