Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Ka Kwarcab Ingin Pramuka Kota Gorontalo Perangi Sampah

Ka Kwarcab Ingin Pramuka Kota Gorontalo Perangi Sampah
Ka Kwarcab Ingin Pramuka Kota Gorontalo Perangi Sampah
  • Rabu, 14 Agustus 2019 pukul 14:55
  • Susanti Dahlan, S.Ip

 Jusmiati Taha K. Demak, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Gorontalo ungkapkan, pramuka harus andil dalam program di bidang lingkungan. Seperti harapan Kamabicab Pramuka Kota Gorontalo Marten Taha, ketika menyampaikan sambutan pada peringatan Hari Pramuka ke 58 Rabu (14/8/19) di Lapangan Leato.

“Sebagaimana diketahui, salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini, adalah produksi sampah yang terus meningkat, dan menimbulkan berbagai persoalan, di antaranya banjir, berbagai penyakit dan lain-lain. Kita harus memiliki kepekaan dan kepedulian dalam menangani dan menanggulangi permasalahan ini,” ujar Jusmiati, saat mengutip sambutan Kamabicab.

Sementara itu Marten Taha, Wali Kota Gorontalo juga Kamabicab Pramuka Kota Gorontalo menjelaskan, di Kota Gorontalo dapat diciptakan terobosan dengan melibatkan satuan pendidikan, dalam hal ini gugus depan (gudep).

Untuk dapat meminimalisir sampah, apalagi di pramuka di kenal adanya gudep ramah lingkungan. Ini menunjukkan peran aktif gudep sangat diperlukan. Peserta didik sebagai anggota muda pramuka, harus peka dan peduli pada lingkungan.

“Antaranya dengan mengangkat dan mebuang sampah pada tempatnya, memanfaatkan bank sampah. Kita bisa bayangkan dengan berapa ribu peserta didik, atau anak sekolah di Kota Gorontalo yang melakukannya, maka dapat meminimalisir permasalahan sampah di kota ini,” terang Marten.

“Apa programnya, bagaimana sistim dan teknisnya. Saya minta kerjasama antar instansi, lintas sektor dan lintas bidang dalam membuat formatnya, sampai dengan pelaksanaannya dilapangan. Apalagi kita telah mengkampanyekan, Kota Gorontalo bebas sampah 2020,” timpal Marten.

Kalau hal ini telah mendapat sambutan yang baik dari semua element pendukung didalamnya, telah pula memahami dan mengerti serta diwujudkan dengan melaksanakannya. Maka akan dapat membawa bangsa dan daerah ini menjadi unggul dalam aspek lingkungan. Kualitas lingkungan terjaga, kebersihan dan kesehatan terjamin, maka pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

“Pesan saya kepada anak didik, lebih giat belajar dan terus menempa diri sehingga menjadi generasi yang berguna bagi masa depan bangsa ini. Berusaha untuk menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat karena itu hanya akan merusak masa depanmu. Perhatikan lingkunganmu, kebersihan dan keindahannya, perhatikan sampah disekitarmu, jadilah pejuang dan penyelamat lingkungan,” jelas Marten.

“Kepada para pembina pramuka saya berharap, jangan sampai bosan menuntun anak-anak kita di tengah mereka sedang meniti masa depan. Berperan aktif untuk mengajak, memberi contoh/tauladan, pada hal yang baik dan bermanfaat. Bersama pihak terkait dan peserta didik dapat meminimalisir sampah melalui gerakan peduli sampah,” timpal Marten.(tmHMS).

 

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

359 Hari ini

595 Kemarin

3498 Minggu ini

51498 Bulan ini

442658 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan