Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Layanan Publik Lebih Efisien

Layanan Publik Lebih Efisien
  • Selasa, 27 November 2018 pukul 14:18
  • Susanti Dahlan, S.Ip

Pelayanan public berbasis elektronik yang terintegrasi terus dikembngkan Pemerintah Kota Gorontalo untuk menciptakan efisien. Sistem itu antara lain diterapkan dalam pola penyelenggaraan layanan perizinan yang kini telah terpusat dan bisa diakses secara online. Dengan konsep demikian, pelayanan perizinan di Kota Gorontalo semakin optimal. Urusan administrasi pun kian mudah. Pemkot Gorontalo berhasil mendorong sistem teknologi informasi menjadi basis pelayanan. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu Muhammad Kasim menjelaskan, Pemkot Gorontalo saat ini mampu melayani dengan cepat dan efisien hal-hal yang berkaitan dengan perizinan dalam bentuk rekomendasi berkat dukungan aplikasi teknologi informasi. Ada 92 jenis perizinan dan non perizinan yang bisa dilayani. Sebelumnya, pengurusan perizinan ditangani oleh masing-masing SKPD sesuai dengan jenis perizinan. Namun sejak dilakukan perunahan sistem, kini sudah terintegrasi sehingga pelayanannya sudah terpadu dan satu pintu. Selain itu, sistem pelayannya pun dapat dilakukan secara langsung pada ruangan Front Office maupun secara online. Khusus pelayanan secara online, DPM-PTSP telah mengembangkan sejumlah aplikasi elektronik. Dengan adanya pelayanan online, warga yang ingin mengurus perizinan tidak harus datang ke kentor. Cukup mengakses aplikasi yang disediakan. “Pelayanan sudah semakin baik. Masyarakat lebih mudah memperoleh layanan, “kata Muhammad Kasim. Sistem pelayanan berbasis elektronik yang dikembangkan Pemkot Gorontalo sejauh ini pula telah memantik apresiasi dari berbagai pihak. Bahkan, Walikota Gorontalo Marten Taha memperoleh penghargaan terkait hal tersebut. Marten menerima penghargaan dari iNews TV dalam kategori pelayanan public berbasis elektronik. Beberapa aplikasi elektronik yang dikembangkan Pemkot Gorontalo dalam hal pelayanan public antar lain Aplikasi Cerdas Layanan perizinan untuk Publik (Sicantik). Sicantik melayani perizinan usaha maupun non usaha dan kegiatan kemasyarakatan. Aplikasi Sicantik didukung pula dengan Online Singel Submission (OSS) sehingga dapat terintegrasi secara nasional di bawah koordinasi Kementerian Perekonomian RI. Dengan adanya sistem tersebut, masyarakat yang berada di luar daerah bisa mengurus perizinan usaha di Kota Gorontalo secara online langsung tempatnya. Pemkot juga telah mengembangkan aplikasi SPIPISE untuk izin prinsip Penanaman Modal yang terintegrasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI. Ada pula Portal DPM-PTSP yang memuat informasi perizinan dan non perizinan secara online dan memiliki halaman pengaduan. Masyarakat dapat mengakses dan mengirim pengaduan secara online agar dapat ditindaklanjuti secara cepat. Menurut Muhammad kasim, dengan kemudahan akses pelayanan, antusias masyarakat untuk mengurus perizinan di DPM-PTSP mengalami peningkatan signifikan. Pada tahun 2017, penertiban dokumen izin usaha maupun nonusaha berkisar 4.014 dokumen. Saat ini meningkat pesat dengan angka 4.523 dokumen

 

 

Sumber: Gorontalo Post

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

313 Hari ini

519 Kemarin

5491 Minggu ini

17154 Bulan ini

329441 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan