Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Melalui Penyuluhan Hukum, Pemkot Ajak Masyarakat Perangi Pungli

Melalui Penyuluhan Hukum, Pemkot Ajak Masyarakat Perangi Pungli
Melalui Penyuluhan Hukum, Pemkot Ajak Masyarakat Perangi Pungli
  • Jumat, 21 Juni 2019 pukul 11:09
  • Grisselda Rafael Gobel

Penyuluhan hukum merupakan program pembinaan peningkatan hukum masyarakat, yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah, untuk menyampaikan informasi. Terkait peraturan perundang-undangan dan norma-norma yang berlaku, dalam kehidupan masyarakat.

Berlandaskan hal itu Pemerintah Kota Gorontalo berinisiatif menggelar kegiatan tersebut, khususnya dalam memerangi pungutan liar atau Pungli, yang diharapkan dapat bermuara pada meningkatnya kesadaran hukum. Jumat (21/06/2019) di ruang Gedung Banthayo Lo Yiladia Kota Gorontalo.

Kata Wali Kota Gorontalo Marten Taha, tugas Pemerintah Kota Gorontalo ditutut untuk lebih proaktif dalam hal pencegahan, atau meminimalisir terjadinya pelanggaran melalui penyuluhan hukum.

Dengan menyadari, arti pentingnya fungsi hukum bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka pemerintah menyelenggarakan pembinaan terhadap semua unsur-unsur sistem hukum.

Baca : https://bag-humas.gorontalokota.go.id/satpol-pp-kota-dukung-program-tataruang-daerah/

Selain materi dan lembaga hukum, sasaran pembinaan hukum ini adalah terhadap budaya hukum. Kesadaran akan perlunya pembinaan budaya hukum, dikarenakan berkembangnya pemikiran bahwa hukum baru akan mulai efektif, apabila masyarakat telah mengetahui, memahami dan melaksanakan aturan hukum secara konsisten.

“Pemerintah Kota Gorontalo sejak tahun 2016 telah membentuk unit pemberantasan pungutan liar di Kota Gorontalo, yang merupakan amanat dari peraturan presiden nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar,” ujar Wali Kota Gorontalo dalam sambutannya.

Ia jelaskan, dalam pasal 8 ayat (2) berbunyi, “dalam melaksanakan pemberantasan pungutan liar pemerintah daerah membentuk unit pemberantasan pungutan liar”. Salah satu tugas dari unit pemberantasan pungutan liar Kota Gorontalo, selain melakukan upaya-upaya penindakan tentunya juga melakukan upaya-upaya pencegahan.

“Seperti melakukan sosialisasi dan edukasi kepada aparat maupun masyarakat tentang bahaya dari pungutan liar. Agar supaya, bagi aparat tidak menjadi pelaku dan masyarakat tidak menjadi korban dari pungutan liar tersebut,” terang Wali Kota Gorontalo.

Praktik pungutan liar ini telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu meberikan efek jera.

Baca Juga : https://bag-humas.gorontalokota.go.id/gubernur-gorontalo-resmi-melantik-wali-kota-dan-wakil-wali-kota-gorontalo/

Pungli sendiri dianggap masyarakat sudah wajar, dan bukan hal yang baru di negeri ini, karena masyarakat sendiri ingin mendapatkan pelayanan yang super kilat, tidak masalah memberikan uang kepada aparat instansi pelayanan publik.

“Tingginya tingkat ketidak pastian pelayanan, sebagai akibat dari prosedur pelayanan yang panjang dan melelahkan menjadi penyebab dari semakin banyaknya masyarakat yang menyerah ketika berhadapan dengan aparat pelayanan publik. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan masyarakat cenderung semakin toleran, terhadap praktik pungli dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” jelas Wali Kota Gorontalo.

Dengan adanya unit pemberantasan pungutan liar di Kota Gorontalo, Wali Kota Gorontalo berharap agar praktik-pratik pungli di Kota Gorontalo ini, dapat diberantas.

“Kepada para aparat terutama aparat Pemerintah Kota Gorontalo, kiranya dalam menjalankan tugasnya terutama jika melakukan pemungutan, harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan kepada masyarakat, dapat melaporkan praktik-praktik pungli yang dilakukan oleh aparat instansi pemerintah, sehingga Kota Gorontalo terbebas dari praktik-praktik pungutan liar,” tutup Wali Kota Gorontalo.(HMS).

sumber:humas.gorontalokota.go.id

 

 

 

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

282 Hari ini

486 Kemarin

3712 Minggu ini

43738 Bulan ini

444880 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan