Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Pemkot Tingkatkan Mutu dan Kualitas Guru TPA/TPQ

Pemkot Tingkatkan Mutu dan Kualitas Guru TPA/TPQ
Pemkot Tingkatkan Mutu dan Kualitas Guru TPA/TPQ
  • Senin, 9 Desember 2019 pukul 21:30
  • Rizky Aristian Bau

 Guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA/TPQ), merupakan pendidik generasi Kota Gorontalo, yang sangat memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter dan ahlak generasi.

Guna lebih meningkatkan wawasan para guru TPA/TPQ, Pemerintah Kota Gorontalo Senin (09/12/19) menggelar kegiatan peningkatan kualitas guru TPA/TPQ se Kota Gorontalo.

Menuru Wakil Walikota Gorontalo Ryan F. Kono, kegiatan tersebut bisa dijadikan pedoman ratusan guru TPA/TPQ, dalam rangka memberikan pendidikan kepada anak-anak atau santri dan santriwati.

Sebab melalui kegiatan ini, peserta akan mendapatkan berupa pendidikan tentang profesionalisme kinerja, dari program kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta.

Apalagi tugas guru TPA/TPQ ini, bukan lain adalah menjadikan santri dan santriwati sebagai generasi Qurani, yang juga memahi isi kandungan Al Quran.

“Saya pribadi sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, karena disamping para guru TPA/TPQ memberikan didikan kepada santri dan santyriwatinya. Meraka para guru ini, juga mendapatkan pendidikan tentang profesi mereka”

“Bahkan kalau saya katakan, program pendidikan yang dijalankan guru dan panitia pelaksana kegiatan ini, sangat membantu Pemerintah Kota Gorontalo, dalam melahirkan anak-anak bangsa di daerah, yang berwawasan qurani,” ujar Ryan.

Dengan demikian tambah Ryan, target lima tahun Pemerintah Kota Gorontalo untuk menciptakan atau mencetak 1.000 penghafal al quran dan tilawah, akan terwujud.

Karena program kegiatan yang sudah menjadi bagia dari visi misi Pemerintah Kota Gorontalo ini, dilaksanakan secara sinergi oleh organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Bagian Kesra Setda Kota Gorontalo dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Gorontalo.

Dengan artian, Bagian Kesra bergerak pada program pembinaan kepada guru TPA/TPQ, sementara Baznas Kota Gorontalo sendiri pada bidang pendidikan santri dan santriwati penghafal Al Quran dan tilawah.

“Keberadaan guru TPA/TPQ di Kota Gorontalo sangat penting, selain menjadi pendidik karakter putra putri Kota Gorontalo, juga membantu Pemerintah Kota Gorontalo untuk mempertahankan citra daerah sebagai Serambi Madina”

“Tidak hanya itu, jika semua anak-anak di Kota Gorontalo menjadi penghafal dan tilawah al quran, maka saya yakin wawasan mereka akan terus berkembang dan bisa memposisikan diri sebagai anak yang memiliki cita-cita besar,” ungkap Ryan.

Sementara itu Ketua LPTQ Kota Gorontalo Deddy Kadullah, menjelaskan kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Gorontalo ini, sudah menjadi bagian dari program yang tercatat dalam RPJMD Kota Gorontalo.

Yakni salah satunya menciptakan 1.000 tafidz al quran. Semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, merupakan seluruh guru TPA/TPQ yang tersebar di 50 kelurahan dan 9 kecamatan di Kota Gorontalo.

“Program kegiatan yang terus berkelanjutan ini, tentu sangat mengharapkan peran serta dari seluruh guru TPA/TPQ. Karena bagi Pemerintah Kota Gorontalo, mereka adalah ujung tombak sukses dan tidaknya program yang sudah dijalankan oleh Pemerintah Kota Gorontalo”

“Maka dari itu, untuk menunjang kinjer mereka sebagai pendidik di bidang keagamaan, Pemerintah Kota Gorontalo pun melaksanaan peningkatan mutu dan kualitas serta profesionalisme kinerja dari guru TPA/TPQ ini,” ungkap Deddy.(tmHMS).

 

 

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

326 Hari ini

442 Kemarin

2947 Minggu ini

14865 Bulan ini

516496 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan