Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Penyaluran BPNTD Mulai Dosisialisakan

Penyaluran BPNTD Mulai Dosisialisakan
Penyaluran BPNTD Mulai Dosisialisakan
  • Senin, 11 Maret 2019 pukul 15:12
  • Grisselda Rafael Gobel

KOTA GORONTALO – Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNTD) tahun 2019 ini mulai disalurkan di Kota Gorontalo. Pemerintah Kota Gorontalo mulai menyosialisasikan penyaluran BPNTD kepada para penerima manfaat.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Gorontalo Nixon Rahman mengatakan, penyaluran BPNTD saat ini mulai disosialisasikan di kecamatan-kecamatan. Penerima manfaat diberikan penjelasan tentang cara mencairkan BPNTD dan fungsi e-warung. “Kita berharap saat penyaluran nanti masyarakat tidak repot lagi bagaimana cara memanfaatkan BPNTD,” ujar Nixon saat diwawacarai usai sosialisasi BPNTD di Kecamatan Kota Timur, Senin (11/3/2019).

BPNTD merupakan tindaklanjut dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang digulirkan Pemerintah pusat. Sasarannya adalah masyarakat miskin yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT).

Di Kota Gorontalo sendiri, lanjut Nixon, penerima BPNT sebanyak 11. 696 jiwa. Dari jumlah tersebut, sebannyak 7.136 diantaranya penerima BPNT yang bersumber dari anggaran APBN, 2.560 dari APBD provinsi dan 2.000 penerima BPNTD yang dibiayai dari APBD Kota Gorontalo.

“Jadi penerima BPNTD di Kota Gorontalo adalah masyarakat miskin yang belum menerima BPNT baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan bukan penerima PKH,” jelasnya.

Nixon mengatakan, program BPNTD sejatinya merupakan pengembangan dari program raskin yang kemudian berubah menjadi rastra. Penerima BPNTD di Kota Gorontalo nantinya akan menerima bantuan bahan pangan berupa beras dan telur senilai seratus ribu. Caranya dengan menggesek kartu di e-warung kemudian menukarkannya dengan beras dan telur.

Ia pun berharap, program yang akan digulirkan tersebut bisa membantu meringankan beban penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan harian. Dengan begitu diharapkan penerima manfaat bisa lebih fokus meningkatkan pendapatkan sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan. (shn)

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

82 Hari ini

1466 Kemarin

4856 Minggu ini

16758 Bulan ini

346319 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan