Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Puluhan Guru Bersaing Dalam Pemilihan Guru Berprestasi

Puluhan Guru Bersaing Dalam Pemilihan Guru Berprestasi
Puluhan Guru Bersaing Dalam Pemilihan Guru Berprestasi
  • Kamis, 28 Maret 2019 pukul 10:35
  • Rizky Aristian Bau

KOTA GORONTALO – Tidak kurang dari 52 pendidik dan tenaga kependidikan jenjang TK, SD dan SMP di Kecamatan Hulonthalangi mengikuti seleksi guru dan Kepala Sekolah berprestasi tahun 2019 di SD Negeri 43 Hulonthalagi, Rabu (27/3/2019). Siapa yang memiliki kompetensi dan rekam jejak terbaik, akan terpilih dan berhak melaju di pentas yang sama untuk tingkat Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Abram Badu mengatakan, seleksi guru, kepala sekolah dan pengawas berprestasi merupakan program tahunan yang digelar secara nasional dan berjenjang. Pendidik dan tenaga kependidikan yang terpilih untuk setiap kecamatan akan diseleksi kembali ditingkat Kota, selanjutnya tingkat provinsi dan nasional. Agenda ini sekaligus menjadi wadah yang mendorong guru, kepala sekolah dan pengawas untuk saling berkompetisi meningkatkan mutu pendidikan.

“Alhamdulillah ditingkat nasional itu, peserta dari kota itu, tidak hanya sekedar ikut. Pada umumnya kita selalu dapat nominasi terbaik ditingkat nasional,” ujar Abram.

Abram menyampaikan, seleksi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan akan mengacu pada beberapa aspek penilaian. Untuk guru misalnya terdapat empat kompetensi dasar yang akan dinilai, meliputi: kompetensi pedagogis, kepribadian, profesional dan sosial. Sedangkan untuk penilaian kepala sekolah dan pengawas ditambah tiga kompetensi penilaian yakni kompetensi supervisi, manajerial dan kompetensi wirausaha. Disamping kompetensi, penilaian juga dilakukan dari rekam jejak melalui portofolio selama menjadi guru, kepala sekolah dan pengawas.

Seluruh rangkaian seleksi pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi, diharapkan dapat melahirkan guru, kepala sekolah dan pengawas yang berkualitas serta mampu bersaing di tingkat provinsi dan nasional.

Abram pun menambahkan, guru dan kepala sekolah terbaik, akan diberikan penghargaan secara langsung pada peringatan Hari Pendidikan Nasional yang rencananya akan digelar pada tanggal 2 Mei 2019 mendatang.

“Saya kira kompetisi ini sejalan dengan harapan Pemerintah daerah,
kita sudah membuktikan bahwa guru-guru di Kota Gorontalo ialah guru terbaik se-provinsi, terbukti ada 5 orang yang dikirim ke luar negeri dan itu jebolan dari guru guru berprestasi,” ucap Abram.

Abram berharap, agar dewan juri yang berasal dari mantan guru dan kepala sekolah berprestasi yang terpilih ditahun sebelumnya, dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan bekerja secara profesional. Sedangkan bagi para peserta yang mengikuti seleksi, diharapkan dapat menjadi teladan yang baik bagi siswa, sekolah, keluarga dan masyarakat. (dhn)

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

92 Hari ini

1466 Kemarin

4866 Minggu ini

16768 Bulan ini

346329 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan