Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Ryan : Laporan Penyelenggaraan Pemda Harus Sesuai Indikator

Ryan : Laporan Penyelenggaraan Pemda Harus Sesuai Indikator
Ryan : Laporan Penyelenggaraan Pemda Harus Sesuai Indikator
  • Senin, 9 Desember 2019 pukul 20:00
  • Rizky Aristian Bau

Peraturan Pemerintah nomor 3 tahun 2007, yang telah diganti dengan PP nomor 13 tahun 2019, yang mengatur laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Menurut Wakil Walikota Gorontalo Ryan F. Kono, dilaksanakan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.

Hal ini Ia ungkapkan Senin (09/12/19), saat membuka kegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2019, tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah di Bandayo Lo Yiladia.

“Karena terdapat empat poit penting hal yang mengatur tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Diantaranya, laporan pemerintah daerah (LLP), yang disampaikan oleh pemerintah daerah kepada pemerintah pusat. Kemudian, laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ), yang disampaikan pemerintah daerah kepada DPRD, selanjutnya ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (RLPPD), yakni informasi yang disampaikan kepada masyarakat”

“Terakhir, evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah (EPPD) yang dilaksanakan pemerintah pusat, kepada pemerintah kabupaten, kota dan provinsi, menganai kinerja,” ujar Ryan.

Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo, yaitu bersifat wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan tidak, serta urusan pilihan.

Setelah satu tahun anggaran berakhir, Pemerintah Daerah wajib menyampaikan laporn berdasarkan pronsip transparansi, akuntabilitas, akurasi dan objektif.

Pemerintah Daerah yang memberikan pelayanan terbaik, kata Ryan, itu dari berbagai inovasi dan ide-ide kreatif yang dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat.

“Dengan adanya regulasi yang terbaru ini, saya harapkan agarcapaian kinerja urusan yang dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD), dilingkungan Kota Gorontalo dapat dicapai sesuai tuntutan indikator kinerja. Dan Memenuhi target yang telah ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah”

“Saya juga berharap agar OPD di Kota Gorontalo terus melakukan pembenahan dan peyegaran terhadap sistem kerja dengan berinovasi, atau melahirkan ide-ide dan gagasan yang lebih smart, memanfaatkian sistem pemerintah berbasis elektronik. Karena, tantangan yang dihadapi kedepan ini, semakin kompleks dalam pelaksanaan urusan pemerintahan daerah,” terang Ryan.

Disamping itu Ryan katakan, semua patut bersyukur dan berbangga, karena LPPD Kota Gorontalo dalam kurun waktu lima tahun terakhir meraih predikat Sangat Tinggi.

Hal ini mengantarkan Pemerintah Kota Gorontalo, meraih penghargaan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha. Bahkan di 2018 kemarin, Pemerintah Kota Gorontalo meraih anugerah penghargaan tertinggi dari Pemeritah Pusat.

“Semua prestasi yang diraih Pemerintah Kota Gorontalo, yang memberikan dampak postif terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah, tentu merupakan hasil kinerja kita semua. Saya berharap, sosialisasi peraturan pemerintah yang baru ini, bukan hanya menjadi seremonial belaka, namun harus dipahami dan dijalankan sesuai dengan mekanisme yang ada,” tutup Ryan.(tmHMS).

 

 

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

262 Hari ini

753 Kemarin

4672 Minggu ini

18852 Bulan ini

618148 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan