Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

TP. PKK Gelar Jumpa Bhakti Gembira

TP. PKK Gelar Jumpa Bhakti Gembira
TP. PKK Gelar Jumpa Bhakti Gembira
  • Jumat, 8 Maret 2019 pukul 15:05
  • Susanti Dahlan, S.Ip

KOTA GORONTALO – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kota Gorontalo menggelar Jumpa Bakti Gembira (Jumbara). Kegiatan yang diikuti seluruh kader PKK Se-Kota Gorontalo itu akan berlangsung selama tiga hari, Rabu hingga Jumat (6/3-8/3) bertempat di Lapangan Padebuolo Kecamatan Kota Timur. Walikota Gorontalo Marten Taha membuka secara resmi Jumbara, Rabu (6/3/2019).

Dalam sambutannya Marten mengatakan, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk memperkuat tercapainya tujuan pembangunan nasional. Salah satu peran masyarakat yang turut aktif dalam pembangunan terutama dalam pemberdayaan masyarakat antara lain melalui TP PKK yang memiliki kader dari tingkat pusat sampai dengan tingkat desa/ kelurahan bahkan sampai tingkat dasawisma.

“Kader PKK sebagai kader pembangunan menjadi motivator yang tangguh untuk menyampaikan pesan pembangunan dan menggerakkan keluarga agar mau melaksanakan 10 program pokok PKK serta mencatat data dan kegiatan warga yang dapat dijadikan data akurat dalam Sistim Informasi Manajemen (SIM) PKK,” ujar Marten.

Marten menjelaskan, di era globalisasi saat ini perlu meningkatkan SDM dalam upaya pencapaian index pembangunan manusia yang optimal. Pemberdayaan dan kesejateraan keluarga dengan menanamkan nilai – nilai, etika, moral, sikap dan prilaku budaya bangsa dalam meningkatkan mutu SDM keluarga akan menjadi wahana yang tangguh bagi bagi terwujudnya ketahanan nasional untuk mencapai persatuan dan kesatuan bangsa. Pada saat yang sama, penguatan keluarga dalam berbagai bidang pada akhirnya dapat mewujudkan keluarga sejahtera lahir dan bathin.

Lanjut Marten, kiprah PKK sejauh ini telah memberi konstribusi nyata dalam pembangunan kesejahteraan keluarga. Selain itu juga telah meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak, pendidikan anak, kemandirian ekonomi rumah tangga dan pembinaan mental spiritual keluarga. “Eksisnya gerakan PKK didasari oleh kemampuan PKK memposisikan diri sebagai mitra kerja, mitra dunia usaha dan mitra kerja lembaga masyarakat lainnya,” ujarnya.

Pembukaan Jumbara dihadiri jajaran pengurus PKK Se-Kota Gorontalo. Hadir pula Ketua Dekot Fedriyanto Koniyo bersama sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Jumbara kali ini mengangkat tema “Kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju indonesia sejahtera’. Pelaksanaannya turut dirangkaikan dengan kegiatan pembinaan kesejahteraan keluarga kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga – keluarga berencana kesehatan (pkk-kkbpk-kb) kesehatan tahun 2019.

Ketua TP PKK Kota Gorontalo Jusmiaty Taha Kiayi Demak mengatakan, Jumbara PKK menjadi bagian dari upaya untuk menambah wawasan, pengetahuan, persaudaraan dan persahabatan dapat memotivasi para kader dalam menggerakkan keluarga guna terwujudnya keluarga sehat, sejahtera, mandiri aktif, dan terdidik (Smart). Selain itu juga menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan pengabdian tim penggerak PKK dalam rangka membina keluarga kecil yang sehat dan sejahtera.

Jusmiaty berharap, melalui kegitan tersebut dapat meningkatkan peran serta seluruh stakeholder dan mitra kerja serta masyarakat dalam pelaksanaan program KKBPK. Selain itu meningkatkan program pencapaian kependudukan KB, pembangunan keluarga dan kesehatan. “Ini juga sekaligus untuk mengantisipasi ledakan kependudukan indonesia yang diperkirakan akan teriadi pada tahun 2035 mendatang,” tutur Jusmiati. (dhn)

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

1217 Hari ini

783 Kemarin

13005 Minggu ini

27041 Bulan ini

256779 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan