Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Ubah Lorong Angkasa Jadi Spot Wisata

Ubah Lorong Angkasa Jadi Spot Wisata
Ubah Lorong Angkasa Jadi Spot Wisata
  • Jumat, 29 Maret 2019 pukul 09:40
  • Grisselda Rafael Gobel

KOTA GORONTALO – Kesadaran akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah dan lingkungan kotor membuat warga di Kelurahan Limba U-2 Kecamatan Kota Selatan bangkit memeranginya. Gerakan inovasi untuk menata lingkungan pun mulai digalakkan secara bersama. Seperti terlihat di Lorong Angkasa. Bahkan, warga di lorong itu mampu mengubah lingkungannya mirip spot wisata yang bersih dan penuh warna.

Lurah Limba U-2 Rio Lamusu mengatakan, untuk mendorong kesadaran masyarakat agar peduli lingkungan, Pemerintah Kelurahan bekerja sama dengan masyarakat merubah lorong menjadi satu kawasan yang indah dan menarik. Berbagai karya seni generasi muda, mahasiswa dan anak-anak berupa gambar unik serta pesan moral yang tergambar dan tertulis pada dinding lorong angkasa, merubah suasana jalan menjadi sangat menarik.

“Beberapa pesan moral yang tertulis pada dinding lorong tertuju kepada masyarakat seperti pencegahan demam berdarah hingga larangan membuang sampah sembarangan,” ujar Rio ketika diwawancarai, Jumat (29/3/2019).

Tak hanya gambar dinding, berbagai tanaman hias di sepanjang jalan menjadikan lorong angkasa lebih asri. Selain itu, Pemerintah Kelurahan telah membuat saluran pembuangan air dan beberapa tempat sampah di area lorong angkasa, hal ini dimaksudkan agar kebersihan area lorong angkasa tetap terjaga.

“Disitu kita buatkan lubang resapan biopori sepanjang jalan, sehingga sampah yang masih bisa dimanfaatkan atau non organik, tidak perlu lagi dibakar atau dibuang di tempat sampah, kita masukkan di lubang biopori untuk dijadikan sebagai pupuk kompos” ujarnya.

Ia menuturkan, selain dikenal dengan kebersihannya, lorong angkasa juga dilengkapi sarana olahraga dan terapi untuk para lansia berupa jalan berkerikil. Jalan kerikil sangat dibutuhkan para lansia untuk melancarkan peredaran darah.

Keunikan dan inovasi yang dibuat di lorong angkasa menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Sehingga lorong angkasa kini menjadi icon wisata di kelurahan Limba U-2.

“Banyak masyarakat yang datang melihat lorong angkasa itu, karena sudah kita viralkan lewat media sosial, banyak yang berfoto dan melihat cara kita membenahi lingkungan,” kata Rio.

Menurut Rio, terciptanya keindahan Lorong Angkasa tak lepas dari partis
ipasi masyarakat sekitar. Tak hanya menyumbangkan tenaganya, masyarakat juga memberi bantuan berupa cat, pasir, kerikil, semen, pipa dan batako.

Atas dukungan seluruh masyarakat pula, Kelurahan Limba U-2 mendapatkan penghargaan adipura Kelurahan. Kelurahan Limba U-2 meraih peringkat ketiga di Tingkat Kota Gorontalo.

Rio menambahkan, sosialisasi kepada masyarakat juga terus dilakukan Pemerintah Kelurahan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. Sosialisasi tersebut salah satunya mengenai waktu membuang sampah yang diatur sesuai waktu kendaraan sampah melintas yakni pagi hari. Hal tersebut untuk menghindari sampah yang berserakan di rumah warga.

“Selain kegiatan sosialisasi, gerakan bersih kerja bakti rutin dilaksanakan setiap hari Jumat,” katanya.

Rio mengatakan, keberhasilan penataan di lorong angkasa menarik minat masyarakat yang ada dilorong lainnya. Ke depan akan dibuat pula lorong yang sama uniknya dengan lorong angkasa.

“Selain lingkungan tetap bersih, saya berharap agar masyarakat taat dalam hal membuang sampah supaya masyarakat tidak terjangkit penyakit,” ucap Rio. (dhn)

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

102 Hari ini

398 Kemarin

9606 Minggu ini

54601 Bulan ini

309380 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan