Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Wali Kota Gorontalo Bisa Pantau Sampah dan Pajak Melalui Gadget

Wali Kota Gorontalo Bisa Pantau Sampah dan Pajak Melalui Gadget
Wali Kota Gorontalo Bisa Pantau Sampah dan Pajak Melalui Gadget
  • Kamis, 15 Agustus 2019 pukul 14:57
  • Rizky Aristian Bau

Kerjasama yang selama ini dijalani Pemerintah Kota Gorontalo dengan PT. Telkomsel, memberikan hasil yang maksimal. Bahkan dampak terhadap kinerja Pemerintahan Daerah, sangat terbantu. Marten Taha, Wali Kota Gorontalo katakan, salah satu contohnya dalam penangan sampah yang kini Ia lakukan melalui gadget.

Artinya, seluruh aktivitas petugas kebersihan dalam menangani sampah di seluruh wilayah, terpantau melalui aplikasi Smart Sampah Solusi yang ada di gedgetnya.

Hal ini Marten ungkapkan saat memberikan testimoni pada kegiatan Focus Group Doscussion (FGD) Solusi Smart City Telkomsel, Kamis (15/8/19) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo yang digelar PT. Telkomsel Gorontalo.

“Kota sudah bekerjasama dengan Telkomsel, dan paling mutakhir yang kami lakukan dengan telkomsel, yakni tata kelola persampahan. Sampah ini sangat membutuhkan semua sarana dan prasarana, SDM, fasilitas, trasnportasi yang mendukung, mulai dari sampah itu dibuang masyarakat sampai ke TPA. Jika dulu hanya bisa dipantau secara manual, sekarang hanya melalui aplikasi yang ada di gedget saya,” ujar Marten.

Ini adalah sebuah inovasi yang memberikan solusi kepada Pemerintah Kota Gorontalo, dalam menangani persoalan lingkungan yang tentunya besentuhan dengan aktivitas masyarakat sehari-hari.

Melalui aplikasi yang ada di gedget dirinya bisa mengetahui berapa mobil yang bergerak mengangkut sampah, berapa ton sampah yang diangkut, dan berapa banyak bensin yang digunakan.

“Sebenarnya, alat digitalisasi mempermudah bagi kita, dalam bekerja. Misalnya dalam pelayanan perijinan dan perpajakkan. Ini lebih efisien, karena saya bisa mengetahu biaya solar begitu banyak atau tidak. Sampah sampah yang tidak bisa dijangkau oleh petugas kebersihan. Spot dimana sampah itu diangkut, melalui smart sampah solution. Ini sangat berkaitan dengan kebutuhanm masyarakat,” terang Marten.

Demikian pula dengan bidang perpajakan kata Marten, dimana Ia bisa mengetahui berapa banyak wajib pajak yang sudah membayar pajak. Ia berharap semua hotel, restoran dan tempat usaha terkoneksi dengan aplikasi e-Tax yang dikelola Pemerintah Kota Gorontalo.

“Saya berharap melalui FGD ini, akan bisa memberikan informasi atau pengetahuan tentang apa saja yang akan difasilitasi oleh Telkomsel, untuk mengoptimalkan kinerja Pemerintah Kota Gorontalo,” tutup Marten.(tmHMS).

 

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

60 Hari ini

451 Kemarin

3424 Minggu ini

20356 Bulan ini

489943 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan