Jl. H. Nani Wartabone No. 4, Gorontalo
(0435) 821012
(0435) 830412

Walikota Serahkan Sarana Pendukung KLA

Walikota Serahkan Sarana Pendukung KLA
Walikota Serahkan Sarana Pendukung KLA
  • Senin, 18 Februari 2019 pukul 14:39
  • Rizky Aristian Bau

KOTA GORONTALO – Walikota Gorontalo Marten Taha menyerahkan bantuan berupa mobil perlindungan perempuan dan anak kepada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Peremuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A) dan bantuan berupa peralatan ruang laktasi kepada Balai Perhubungan Transportasi Darat XXI Gorontalo. Bantuan yang berasal dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI tersebut akan turut memperkuat upaya Pemkot Gorontalo dalam mewujudkan Kota Gorontalo sebagai Kota Layak Anak (KLA). Bantuan diserahkan Walikota saat pelaksanaan apel Korpri di lingkungan Pemkot Gorontalo yang digelar di Lapangan Taruna Remaja, Senin (18/2).

“Alhamdulilah tahun ini kita memperoleh bantuan berupa satu unit mobil dan peralatan lainnya dalam rangka perlindungan perempuan dan anak,” ujar Marten.
Marten mengatakan, fasilitas yang diterima tersebut akan sangat mendukung operasional petugas DPPKB-P3A. Fasilitas itu akan memudahkan petugas dalam melakukan penyuluhan maupun memfasilitasi masyarakat yang mengalami masalah terkait perempuan dan anak.

“Adanya bantuan operasional ini, tentunya akan memperkuat upaya kita dalam mweujudkan Kota Gorontalo sebagai Kota layak anak. Tahun 2018 kita telah menetapkan Kota Gorontalo menuju KLA. Tahun ini kita menargetkan bisa mencapai KLA” imbuhnya.

Marten menyampaikan, bahwa untuk menuju KLA banyak kriteria yang harus disiapkan. Kriteria itu diantaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana penunjang fasilitas umum dan sosial yang ramah anak seperti di pusat-pusat pelayanan, pendidikan dan kesehatan.

“Untuk mewujudkan KLA, kita telah mengerahkan seluruh OPD terkait beserta pihak yang terlibat langsung untuk bersama-sama menyiapkan sarana fasilitas umum yang dapat menunjang tercapainya kota layak anak,” ujarnya
Kadis PPKB- P3A Nulika Melati mengatakan, selain menerima fasilitas mobil perlindungan perempuan dan anak, Kota Gorontalo juga menerima dua set peralatan. Peralatan laktasi itu ditempatkan di dua lokasi yaitu di pelabuhan ferry dan terminal Dungingi.

Mobil perlindungan perempuan dan anak nantinya akan dimanfaatkan untuk melayani masyarakat yang mengalami permasalahan perempuan dan anak. Digunakannya mobil tersebut diharapkan dapat lebih memberikan rasa aman bagi mereka yang terlibat masalah terkait perempuan dan anak.

“Ruang dan peralatan laktasi yang disedikan diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi ibu-ibu yang menyusuai saat menunggu jadwal keberangkatan baik di Pelabuhan ferry maupun di Terminal Dungingi,” ujar Nulika.

Nulika mengungkapkan untuk meraih KLA pihaknya telah melakukan berbagai langkah antara lain dengan membentuk satgas perlindungan anak di 50 Kelurahan. Selain itu juga telah dibentuk Satgas Perlindungan Anak Terpadu Berbasis masyarakat (PATBM) di setiap Kecamatan dan Kelurahan.

“Saya sangat berterima kasih atas bantuan-bantuan yang diberikan. Ini tentu sangat bermanfaat terutama bagi perempuan dan anak-anak agar bisa mendapatkan hak-haknya serta terhindar dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi” tutur Nulika. (dhn)

 

sumber:humas.gorontalokota.go.id

Profil Kepala Daerah
Statistik Pengunjung

295 Hari ini

519 Kemarin

5473 Minggu ini

17136 Bulan ini

329423 Total

Polling

Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi?

Tautan